Ika FISIP Unair Gaet Dua Tokoh Nasional Jadi Penasihat

28 Juli 2017

 

Surabaya IKA FISIP UNAIR

Ikatan Alumni FISIP Universitas Airlangga (Ika FISIP Unair) akan menggelar pelantikan di  TS Suites Hotel Surabaya, Sabtu (29/7). Organisasi yang menaungi alumni FISIP Unair ini juga menggaet dua tokoh nasional untuk menjadi penasihatnya.

Kedua tokoh tersebut adalah Khofifah Indar Parawansa  (Menteri Sosial) dan Arif Budiman (Ketua KPU Pusat). Pelantikan pengurus Ika FISIP Unair akan dilakukan  oleh Pengurus Pusat (PP) Ika Universitas Airlangga. Selepas pelantikan, seluruh pengurus langsung melakukan rapat kerja.

Berbeda dengan kepengurusan sebelumnya, pada masa kepengurusan periode 2017-2021 ini, Ketua Ika FISIP Unair Drs  Andik Fadjar Tjahjono, M.Si. menggerakan seluruh pengurus agar memiliki komitmen yang sama untuk lebih banyak melakukan aksi nyata. Bukan sekadar banyak aksi, tapi harus aksi yang bermanfaat dan diketahui masyarakat luas.

“Saya dan seluruh pengurus Ika FISIP Unair akan bekerja keras mewujudkan komitmen bahwa organisasi ini harus bermanfaat bagi alumni, bagi warga kampus, dan bagi masyarakat luas,”  tegas alumni Ilmu Politik angkatan 1985 ini.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Andik, demikian ia akrab dipanggil, komposisi pengurus berasal dari semua program studi di FISIP. Mereka berasal dari  berbagai angkatan dan memiliki kemampuan sesuai bidang yang dibutuhkan.

“Kepengurusan kali ini tidak didominasi dari satu program studi tertentu atau angkatan tertentu,” lanjut ketua Ika FISIP Unair yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Bahkan, bukan hanya alumni S-1 saja, alumni dari S-2 dan S-3 juga dilibatkan sebagai pengurus Ika FISIP Unair ini.

Meski baru dilantik besok Sabtu (29/7), Ika FISIP Unair telah melakukan berbagai kegiatan. Terutama untuk bidang kerjasama, bidang penguatan ekonomi dan kewirausahaan,  bidang kajian dan pengembangan, bidang sosial, serta bidang seni budaya dan pariwisata.

Ada satu hal menarik lainnya dari Ika  FISIP Unair ini, yaitu salam khas “Pokok’e FISIP”. Salam ini lahir dari sebuah proses internalisasi yang lama. Melalui pengalaman kuliah dan berorganisasi dari para pengurus ketika menempuh studi di FISIP Unair.

Menurut Sekretaris Ika FISIP Unair, Awan Tjatur Perkasa,  ini merupakan dinamika kehidupan mahasiswa FISIP yang diwarnai dengan tradisi berdialektika, berteori, hingga beraksi dalam gerakan-gerakan.

“Hal ini membentuk karakter alumni  yang kukuh dalam argumentasi, berpikir sebelum beraksi, memiliki kekuatan dalam bertoleransi, serta memiliki penghargaan tinggi terhadap perbedaan,” ucapnya.

Salam “Pokok’e FISIP” ini adalah refleksi dari ke-aku-an alumni, bukan ego tapi lebih pada rasa bangga menjadi alumni FISIP  Unair.(din/riz)

Agenda

Indeks +