Pemberian Doktor HC Muhaimin Ciderai FISIP Unair

03 Oktober 2017

 

Surabaya – IKA FISIP UNAIR

Ikatan Alumni (Ika) FISIP Universitas Airlangga menyikapi pemberian gelar Doktor Honoris Causa (DHC) Muhaimin Iskandar yang kontroversial.  Dalam pernyataan bersama dengan civitas akademika FISIP Unair, Ika FISIP Unair melihat proses sejak awal pemberian gelar tersebut tidak melewati prosedur yang berlaku.

“Kami merasa prihatin dengan kondisi yang ada. Proses pemberian gelar DHC terkesan ditutup-tutupi, tidak melalui prosedur yang semestinya,” ungkap Ketua Bidang Kajian Ika FISIP Unair Khairul Fahmi, Selasa, Oktober 2017.  Menurutnya, Ika FISIP Unair tidak ingin kehormatan dan nama baik civitas akademika FISIP Unair diciderai oleh sikap ini.

Seperti diketahui, Universtas Airlangga memberikan gelar DHC kepada Muhaimin Iskandar. Acara pemberian gelar ini diadakan di Kampus C, Universitas Airlangga, Selasa, 3 Oktober 2017. Tak beberapa lama usai pemberian gelar tersebut, civitas akademika FISIP Unair bersama alumni menggelar pernyataan bersama terkait pemberian gelar DHC terhadap Cak Imin, panggilan Muhaimin Iskandar.

“FISIP Unair terciderai oleh proses-proses kurang layak ini. Apalagi ini merupakan kali pertama FISIP Unair memberikan gelar DHC,” jelas Fahmi.  

Menurut Ketua Departemen Ilmu Politik FISIP Unair Kris Nugroho mengatakan, seharusnya ada kajian di tingkat bawah, terutama yang mempunyai rumpun dengan tema studi yang akan diajukan untuk pemberian gelar DHC. “Namun yang terjadi jauh dari prosedur dan kami harus meluruskan. Civitas akademika juga harus tahu,” ungkap Kris dalam jumpa pers di Ruang Adi Sukadana, Gedung A FISIP Unair, Selasa, 3 Oktober 2017.

Semula, Cak Imin diajukan ke Departemen Ilmu Politik untuk meraih gelar  di bidang politik multikultural. Tapi, para dosen Ilmu Politik meninjau kembali proses pengajuan ini. Akhirnya, pengajuannya dilakukan ke Departemen Sosiologi untuk meraih gelar di bidang sosiologi politik.

Namun, dalam siaran pers yang disebarkan ke media massa pada Senin, 2 Oktober 2017, Ketua Departemen Sosiologi FISIP Unair Sutinah mengatakan bahwa departemennya tidak tahu-menahu tentang penganugerahan DHC kepada Muhaimin Iskandar.(riz)  

Agenda

Indeks +