Andik Fadjar Tjahjono, Ketua Umum Ika FISIP Unair 2017-2021

29 Juli 2017

 

Surabaya – IKA FISIP UNAIR

Gayanya kalem, tak banyak bersuara. Dia lebih banyak senyum ketika mendengarkan celoteh kawannya atau bergurau dengan teman-teman alumni FISIP Unair. Namun dengan pembawaannya seperti itulah yang mengantarkan pria kelahiran Madiun, 17 September 1966 menjadi ketua umum Ika FISIP Unair periode 2017-2021.

Drs Andik Fadjar Tjahjono, M.Si, begitulah nama lengkap dengan gelar yang disandangnya. Alumnus Ilmu Politik angkatan 1985 ini dipercaya oleh kawan-kawan alumni untuk memimpin Ika FISIP Unair selama empat tahun mendatang.

Banyak kawan yang lebih mengenal pria yang sehari-hari menjabat Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dengan sebutan ‘Andik Brengos’, ‘Pak Brengos’, maupun ‘Mas Brengos’.

Maklum, pria yang pernah menjabat Kabag Protokol di Biro Humas Protokol Setda Provinsi Jawa Timur ini memang identik dengan brengos alias kumisnya. Bahkan, brengosnya pun menjadi trademark saat pemilihan ketua umum Ika FISIP Unair, akhir tahun lalu. Pasalnya, dua kandidat lainnya, yakni Awan Tjatur Perkasa dan M Zahirul Haq tak memiliki brengos seperti dia.

“Coblos Brengosnya”. Begitulah teriakan tim sukses Andik saat pemilu ketua umum Ika FISIP Unair.

Andik yang kini menempuh S-3 Ilmu Sosial di kampus oranye tercinta ini memiliki misi memperbaiki kelembagaan (organisasi) alumni yang selama ini masih rapuh. Selain itu, juga memberi nilai tambah (benefit) bagi FISIP khususnya dan bagi Unair umumnya secara berkesinambungan (sustainable).

Menurut Andik, selama ini organisasi alumni sudah terbentuk namun masih tradisional, individual, dan relatif tidak bisa dikembangkan. “Ini karena tidak memiliki data base yang terstruktur. Selain itu, ada kemandekan komunikasi antar alumni dengan fakultas,” tukas Andik yang menempuh S-2 di Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta ini. Dia melihat selama ini tidak ada koneksi yang baik antaralumni berbagai generasi.

“Oleh karena itu, siapa pun nantinya yang akan menakhodai sebagai ketua alumni harus sepakat dan bangga sebagai Alumni FISIP Unair  yang bermanfaat dan bermartabat,” jelasnya.(riz)

 

*)Disarikan dari Visi, Misi, dan Values pencalonan Andik Fadjar Tjahjono sebagai ketua umum Ika FISIP Unair 2017-2021

Agenda

Indeks +